DS  – Meski tahapan Pemilu sudah selesai, namun upaya pendidikan pemilih kepada masyarakat terus dilakukan oleh KPU Kabupaten Banjarnegara. Terlebih saat ini di kantor lembaga penyelenggara pemilu itu sudah dilengkapi dengan Rumah Pintar Pemilu (RPP).

 

Anggota KPU Kabupaten Banjarnegara Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, M Syarif SW, mengatakan RPP tersebut merupakan fasilitas pendidikan pemilih yang ada di kantornya.

 

”Rumah Pintar Pemilu merupakan fasilitas yang ada di Kantor KPU Banjarnegara untuk pendidikan pemilih bagi masyarakat. Selain itu juga sebagai wahana pendidikan demokrasi dan kepemimpinan serta pusat studi, penelitian atau riset tentang demokrasi dan kepemiluan,” jelasnya.

 

Sebagai wahana edukasi, tentunya RPP dapat pula dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa, umum dan semua pihak yang tertarik dengan pemilu.

 

”Juga dapat sebagai pusat kegiatan penggiat demokrasi dan kepemiluan dalam berdiskusi serta menyalurkan ide-ide pembaharuan tentang kepemiluan,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut dijelaskan, ada tiga ruangan dalam RPP yang kini disebut RPP Gilar-Gilar. Pertama yakni ruang display yang mengetengahkan data grafis sejarah KPU, pemilu dan hasil-hasil pemilu. Ada juga beberapa materi sosialisasi pemilu dan pilkada.

 

Kedua yakni ruang simulasi. Pada ruangan ini pengunjung dapat menyaksikan berbagai  perlengkapan untuk menggelar coblosan dan maket sebuah tempat pemungutan suara (TPS). Melalui maket tersebut dapat dijelaskan alur dan posisi para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas di TPS ketika melayani pemilih.

 

Ketiga ruang audio visual. Dalam ruangan tersebut pengunjung dapat menyaksikan dokumentasi dan juga film dokumenter sejarah pemilu, sejarah KPU dan materi sosialisasi pemilu dalam bentuk audio visual.

 

”Ruangan ini dapat pula dijadikan tempat berdiskusi tentang pemilu. Biasanya kami juga menggelar pembekalan, rapat-rapat dan juga kursus kepemiluan di ruang tersebut,” katanya.

 

Untuk mengenalkan keberadaan rumah pintar pemilu tersebut, KPU Kabupaten Banjarnegara menggelar sosialisasi tentang RPP Gilar-Gilar ke sekolah, kampus dan pondok pesantren serta kepada masyarakat. Pihaknya juga mengundang pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum untuk berkunjung ke RPP Gilar-Gilar.(*_Syarif)