DS – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara kembali meraih penghargaan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pencapaian laporan keuangannya. Istimewanya, penghargaan yang diberikan Kementrian Keuangan Republik Indonesia ini diperoleh Banjarnegara untuk ke 6 (enam) kalinya secara berturut-turut. Penghargaan, pertama diraih tahun 2013 dan berlanjut terus setiap tahunnya hingga ke enam kalinya di tahun 2018.

 

Secara simbolis penyerahan penghargaan berupa plakat dan piagam, Kamis (21/11), diserahkan Kepala kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Sulaimansyah, kepada Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, di Pringgitan Rumah Dinas Bupati.

“Atas prestasi ini, Banjarnegara berhak memperoleh tambahan Dana Insentif Daerah dari Pemerintah Pusat. Untuk angka besarannya belum dapat disebutkan karena ada 24 komponen untuk menentukan besarannya” kata Sulaimansyah.

 

Salam dan ucapan selamat, sambungnya, disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada pemerintah dan masyarakat Banjarnegara atas pencapaian WTP ini. Kami berharap, raihan ini untuk terus dipertahankan dan good money dipertahankan, termasuk juga value money.

“Mungkin tidak banyak. Yang penting tepas sasaran sehingga dapat menjadi pengungki percepatan pembangunan dengan melakukan sinergi dengan dana-dana lain” imbuhnya.

 

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dan Kepala kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah Sulaimansyah menandatangani Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dengan kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah tentang pemanfaatan data dan informasi serta penguatan koordinasi.

 

Secara khusus, ucapan terima kasih disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dengan telah ditandatanganinya nota kesepahaman antara Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.  Nota kesepahaman pemanfaatan data dan informasi serta penguatan koordinasi ini diperlukan untuk meningkatkan sinergi serta kualitas tata kelola keuangan dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini sesuai fungsi pengawalan APBN yang dilaksanakan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)  sebagaimana yang telah berjalan dengan baik selama ini.

“Untuk tahun 2019 ini, besarnya dana APBN di Kabupaten Banjarnegara adalah Rp 744 M. Harapannya dana ini dapat dikelola dengan baik dengan cara menghubungkan dan mensinergikan dengan pengelolaannya dengan dana-dana APBD. Ini adalah upaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Stategi ini tidak lepas karena Jateng menjadi harapan percepatan pertumbuhan ekonomi dengan target 7%”, katanya.

 

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono berpose dengan Piagam Penghargaan WTP dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia yang diraih untuk ke 6 kalinya berturut-turut dari tahun 2013 – 2018. Kabupaten Banjarnegara menjadi satu dari lima Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang mampu meraihnya secara berturut-turut.

 

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dalam sambutannya mengatakan, di Jawa Tengah Kabupaten/Kota penerima penghargaan plakat WTP dengan kategori minimal 5 kali berturut-turut adalah Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, Pemerintah Kota Semarang, dan Pemerintah Kota Surakarta. Bedanya Kabupaten Banjarnegara lebih dari 5 kali berturut-turut

“Dengan perolehan WTP ke enam kalinya sampai saat ini Banjarnegara memiliki 6 piagam dan 2 plakat” katanya.

 

Opini WTP, kata Budhi, merupakan pernyataan professional pemeriksa mengenai kewajaran informasi dalam laporan keuangan pelaksanaan APBD dengan didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akutansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Harapannya, penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi jajaran pemerintah kabupaten Banjarnegara untuk terus meningkatkan kinerja di bidang pengelolaan keuangan daerah. Selain itu, penghargaan ini juga menjadi cambuk untuk memperoleh “WTP” di bidang-bidang lain.

“Semoga dapat menjadi motivasi untuk meraih “WTP” di bidang pemerintahan, bidang kemasyarakatan, maupun bidang pembangunan” katanya.

 

Di akhir sambutan, Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kinerja pimpinan organisasi perangkat daerah beserta seluruh pegawai di lingkungan pemerintah Kabupaten Banjarnegara atas kerja kerasnya mulai dari perencanaan anggaran, pelaksanaan, penata usahaan sampai dengan pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan daerah. (*_Mujipras/eko/ed DS)