DS – Ada acara unik dilaksanakan Forkompinca, Kades, Perangkat dan warga Banjarmangu dalam melepas purna tugas Kapolsek Banjarmangu, Kompol I Wayan Darma. Alih-alih mengadakan selebrasi dan ceremony di dalam gedung, pelepasan purna tugas dilakukan dengan touring berkendara motor lintas desa di wilayah Kecamatan Banjarmangu.

Menurut Camat Banjarmangu, Gigih Sundoro, diselenggarakannya acara pelepasan ini dikandung maksud untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota Forkompinca dengan Kades dan perangkat serta masyarakat. Acara ini juga sebagai wujud syukur warga Banjarmangu karena sebagian besar jalan-jalan di wilayah Banjarmangu sudah bagus, lebar, dan mulus.

“Masyarakat merasakan manfaatnya karena sekarang semua aktivitas warga menjadi mudah. Mau ke kota juga mudah. Angkutan hasil bumi menjadi lancar. Anak sekolah dan pergi ke Puskesmas juga menjadi mudah. Akses ke obyek wisata juga menjadi mudah” katanya.

 

Perangkat Desa dari seluruh wilayah Kecamatan Banjarmangu mengucapkan terima kasih kepada Bupati karena jalan sudah mulus

 

Beberapa ruas jalan seperti Sijeruk ke Prendengan serta kelanjutan jalan Sipedang – Mlaya memang belum mulus. Namun informasinya pelaksanaan pembangunan ruas jalan yang masih sisa akan dikerjakan pada tahun depan.

“Di tahun 2020 nanti, bisa dikatakan tidak ada lagi wilayah terpencil di Kecamatan Banjarmangu. Semua wilayah bisa diakses dengan jalur jalan lebar dan mulus. Tentu semua ini akan membawa dampak besar bagi kehidupan masyarakat” katanya.

 

Sekcam Banjarmangu Widhi Anggoro menambahkan kegiatan touring ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan inovasi desa dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD). Salah satunya adalah mempromosikan obyek wisata baru seperti Taman Selfie Bukit Cinta Kemantren dan Taman Selfie yang tengah dibangun di wilayah Perhutani yang dikelola Karang Taruna desa Pekandangan.

“Pengamatan kami, jalan bagus dan mulus membawa pengaruh besar pada kreativitas warga dalam membuat inovasi-inovasi yang produktif. Semoga saja ini terus tumbuh dan melahirkan beragam inovasi” katanya.

 

Awal touring, sambung Widi, dimulai dari halaman Kantor Camat Banjarmangu menuju arah desa Kalilunjar, desa Sijeruk, Prendengan, Majatengah, Beji, Bandawuluh, Sipedang, Pekandangan, dan finish di desa Gripit yang pada hari yang sama menjadi pusat kegiatan Konferensi Desa. Di sepanjang perjalanan, warga antusias menyambut kehadiran rombongan yang dipimpin langsung Camat, Kapolsek, dan Danramil.

“Rombongan touring singgah di obyek wisata Bukit Cinta Kemantren dan obyek wisata baru yang tengah dikelola Karang Taruna Pekandangan” katanya.

 

Rombongan touring berpose di jalan yang telah mulus di depan Balai Desa Majatengah

 

Sementara itu, Kompol I Wayan Darma menyatakan Dirinya merasa terharu dan berterima kasih terhadap sambutan mitra kerja dan masyarakat atas purna tugasnya. Dia berterima kasih bahwa selama 9 bulan mengabdi sebagai Kapolsek Banjarmangu dirinya menilai sikap masyarakat sangat kooperatif dalam membina keamanan wilayah. Baginya hal ini sangat membantu dalam melaksanakan tugas yang diembanya. Dia berharap masyarakat Banjarmangu senantiasa kondusif, dan terus waspada.

“Waspada karena mulai memasuki musim penghujan. Wilayah Banjarmangu dikenal memiliki cukup banyak tempat yang rawan bencana. Cermati ciri-ciri terjadinya pergerakan tanah dan koordinasi terus dengan Polsek dan Kecamatan. Tetap solid, gotong royong, dan saling membantu agar permasalahan besar menjadi ringan” katanya. (*_eKo/edDS)