DS– Sebanyak 120 siswa SMP dan 128 siswa SD memperoleh jasa penghargaan dari Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Dindikpora). Mereka merupakan siswa berprestasi individu ataupun mewakili Team dalam lomba yang diselenggarakan berjenjang dari tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional. Pelaksanaan lomba dimulai dari bulan Maret sampai dengan Awal Desember 2019. Demikian disampaikan Kabid Sekolah Menengah pada Dindikpora, Agus Sutanto, Selasa (10/12) di aula Dindikpora tempat pelaksanaan kegiatan Penyerahan Jasa Prestasi Siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

“Tujuannya untuk pembinaan prestasi” katanya singkat.

 

Para siswa berprestasi dapat uang pembinaan, piagam penghargaan, dan piala. Yang dapat jasa penghargaan, sambungnya, adalah peraih juara 1, 2, dan 3. Kalau tingkat Nasional yang ada adalah finalis lomba. Kalau untuk juara 1 dapat penghargaan Rp 1 juta, juara 2 dapat Rp 750 ribu, dan peringkat 3 dapat Rp 500 ribu. Untuk Finalis Nasional dapatnya sama dengan juara Kabupaten Rp 1 juta. Sedangkan Tim Kecamatan dan SMP yang memperoleh kejuaraan terbanyak mendapat piala bergilir.

“Jenjang SD juaranya Kecamatan Banjarnegara, sedangkan untuk SMP diraih SMP N 1 Banjarnegara” katanya.

 

Tim Kecamatan Banjarnegara dan SMP N 1 Banjarnegara memperoleh piala bergilir karena memperoleh kejuaraan terbanyak pada kegiatan Pemberian Jasa pada siswa SD dan SMP di aula Dindikpora.

 

Jenis lomba yang dapat penghargaan diantaranya finalis Festival Literasi Sekolah tingkat Nasional, Finalis Nasional Olimpiade Sains Nasional SD-SMP, Semifinalis Provinsi Gala Siswa Indonesia SMP, Juara I dan Finalis Nasional Pantomim SD, lomba Karawitan jenjang SMP, Tembang Geguritan SMP, LCC Mata Pelajaran SD, Pemilihan Peserta Didik Berprestasi, dan seterusnya. Bidang PAUD juga ada yakni untuk lomba ketangkasan Anak Usia Dini dan Lomba Hapalan Surat Pendek.  Sedangkan untuk juara POPDA SD, SMP, SMA, dan SMK akan ada alokasi waktu tersendiri.

“Total jumlah lomba-lomba yang diselenggarakan untuk jenjang SD ada 38 jenis lomba dan jenjang SMP ada 40 jenis lomba” katanya.

 

Kadindikpora, Noor Tamami, mengatakan terima kasih pada Pemkab yang telah mengalokasikan dana APBD untuk pembinaan siswa berprestasi.

“Penghargaan ini merupakan bentuk perhatian nyata dari Pemkab dan memiliki arti yang besar untuk memotivasi siswa” katanya.

 

Sekretaris Daerah Indarto yang membuka acara ini menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan pemberian penghargaan pada siswa berprestasi SD dan SMP. Anak-anak prestasi tingkat SD, katanya, prestasinya untuk ditingkatkan dan dilanjutkan sampai jenjang sekolah SMP dan seterusnya. Demikian juga dengan anak-anak SMP peraih prestasi untuk meneruskan langkah prestasinya ke jenjang lebih tinggi.

“Harapannya, terus selalu berprestasi namun jangan lupa dengan prestasi akademik” katanya. (*_eKo/edDS)