DS – Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, Rabu siang (11/12) melantik 195 Kepala Desa (Kades) baru  di Pendapa Dipayudha Adigraha. Secara simbolis pelantikan dan penyematan tanda jabatan diwakilkan pada Kades terpilih dari Desa Bondolharjo, Kecamatan Punggelan, Tursin Kristanto dan Kades terpilih dari desa Kutawuluh, Kecamatan Bawang, Kun Pangesti. Untuk selanjutnya, masing-masing Kades yang dilantik mengikuti pemasangan tanda jabatan.

 

Ratusan Kades Baru hasil Pilkades serentak 31 April 2019 tengah khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Bupati berharap para Kades mengambil peran sebagai pamong, yang pandai menyatukan berbagai komponen masyarakat desanya masing-masing

 

Budhi mengucapkan selamat kepada 195 kepala desa yang baru dilantik.  Dia mengajak kepala desa baru itu untuk bisa menjadi sosok panutan bagi masyarakatnya. Sebab, kepala desa adalah sosok pamong dan orang yang dituakan di desanya.

“Menjadi Kades itu harus dapat bersikap jujur, adil dan bijaksana, sebagaimana sumpah yang baru saja diucapkan” katanya.

Selanjutnya Dia menambahkan dengan terpilihnya menjadi kades merupakan bukti kepercayaan yang diberikan masyarakat. Kepercayaan itu hendaknya menjadi modal dalam menjalankan roda pemerintahan desa dan mampu berdiri di atas semua golongan. Karena itu, Dia minta para Kades bisa merangkul dan melayani semua masyarakat desa dengan adil, tidak membedakan apalagi pilih kasih.

“Sebagai sosok pamong saudara harus bijak dalam melayani masyarakat sesuai dengan sumpah yang diucapkan, ora emban cinde emban ciladan serta dikukup dan diraup” tambahnya.

 

Sejumlah Kades terpilih tengah berdiri menunggu antrian foto dengan Bupati

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (Dispermades PPKB) Banjarnegara Agus Kusuma mengatakan Pelantikan kades periode 3 ini diikuti oleh 195 kades.

“Para Kades yang dilantik merupakan hasil pemilihan Kepala Desa serentak yang telah dilaksanakan pada tanggal 31 April 2019 lalu” katanya. (*_mujiprast/edDS).