DS – Sebanyak 680 atlet Karate dari 24 Kabupaten se Jawa Tengah mengikuti Kejuaran Provinsi Lembaga Karate Do Indonesia (Lemkari) Bupati Cup 1 Banjarnegara Tahun 2019. Kejuaraan yang dibuka simbolis dengan pemukulan Gong oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Sabtu (14/12) ini diselenggarakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (14/12 – 15/12) di Surya Yudha Sport Center. Demikian Ketua Ketua Umum Penyelenggara Kejurprov Lemkari Bupati Cup 1, Nur Fauzi.

“Kejurprov mempertandingkan 891 klas pertandingan yang melibatkan atlit dari usia 5 tahun sampai veteran kisaran usia 60 tahun ke atas” katanya.

 

Para veteran dari Dojo-dojo, mungkin ingin menjajagi masa mudanya.

“Ingin ikut bertanding sebagai atlet. Meski mereka sudah guru besar” imbuhnya.

 

Ikut hadir pada pembukaan ini, kata Nur, Kapolres Banjarnegara yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Totok Erwanto, SH, Ketua Dewan Guru Lemkari pusat, Harried Tannin, dan Ketua Koni Banjarnegara Nurrohman.

 

Salah satu klas yang dipertandingkan pada hari pertama pelaksanaan Kejuaraan Provinsi Karate Do Indonesia Bupati Cup 1 Banjarnegara Tahun 2019 di Surya Yudha Sport Center, Sabtu (14/12)

 

Lebih lanjut disampaikan, Kejurprov merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan bergilir antar kabupaten. Kejuaraan memperebutkan juara umum 1, 2, dan 3. Maksud dari penyelenggaraannya, sambung Nur, adalah sebagai penjajagan dan evaluasi perkembangan karate Lemkari tingkat Jawa Tengah. Tujuannya untuk menyeleksi dan menyiapkan atlet-atlet Jawa Tengah mampu bersaing dan berprestasi pada kejuaraan pada kejuaraan berskala nasional hingga internasional.

“Utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas dan memberikan wadah bagi atlet-atlet potensial agar dapat diproyeksikan ke tingkat yang lebih tinggi” imbuhnya.

 

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan harapannya dari Kejurprov ini dapat lahir atlet-atlet Karate Lemkari yang mampu menjadi juara provinsi dan juara nasional. Tentu hal ini dibutuhkan keseriusan, prioritas, dan rutinitas pembinaan.

“Untuk meraih semua ini tidak mudah, harus dilakukan dengan kerja keras, berjenjang dan sistematis serta adanya dukungan pemerintah daerah yang memadai” katanya.

 

Dengan diselenggarakannya Kejurprov Karate Lemkari Bupati Cup 1 di Banjarnegara, imbuhnya, mestinya berdampak bagi pembinaan olah raga karate di Banjarnegara. Pesannya, semua harus ditingkatkan.

“Harapannya, semoga prestasi anak-anak Banjarnegara lebih maju lagi ke depan” katanya. (*_eKo/edDS)