DS – Koperasi Nira Kamukten tengah membangun gedung baru dua lantai dengan luas 700 meter persegi di wilayah Desa Gumelem Kulon. Gedung ini dibangun untuk mengantisipasi tuntutan kualitas gula ekspor, baik mengenai mutu maupun keamanan pangan. Rencananya gedung ini akan digunakan untuk penampungan bahan baku, proses produksi, hingga menjamin keamanan produk sesuai dengan dengan standar untuk diekspor.

“Pembangunan gedung baru ini karena ada tuntutan akan keamanan pangan. Produk pangan yang diekspor standarnya tidak hanya sertifikasi organik saja, tetapi juga harus memenuhi kualifikasi HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) yaitu adanya jaminan mutu dan keamanan produk pangan yang dihasilkan” kata Ketua Koperasi Nira Kamukten, Susanto, Kamis (12/12).

 

Selama 7 tahun berdiri, lanjutnya, anggota Koperasi Nira Kamukten sudah berjumlah 384 orang yang berasal dari berbagai wilayah. Mereka merupakan para penderes yang berasal dari Desa Gumelem Kulon, Gumelem Wetan, Bondolharjo, dan Somawangi. Dari para petani inilah gula semut kualitas ekspor dihasilkan.

 

“Ekspor gula semut ke Amerika dan Eropa dalam satu bulan mampu mengirim 20-30 ton,” katanya

 

Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Koperasi Nila Kamukten di Desa Gumelem Kulon. Syamsudin berharap pembangunan gedung lancar dan saat sudah jadi nanti dapat dijadikan aktivitas anggotanya dan masyarakat.

 

Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin yang melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung baru mengatakan koperasi Nirai Kamukten adalah salah satu koperasi yang memilki semangat untuk selalu terus maju. Hal ini dibuktikan dengan mampu menembus pasar dunia, semakin banyak anggota yang bergabung serta kemampuan membangun gedung baru untuk menunjang aktivitas.

“Koperasi ini sungguh hebat. Memiliki jumlah anggota yang cukup banyak, dikelola dengan baik dan mampu  menumbuhkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Semoga semangatnya bisa menular ke koperasi-koperasi yang lain dan menjadi bagian dalam mewujudkan Banjarnegara bermartabat dan sejahtera,” tuturnya.

 

Syamsudin berharap pembangunan gedung tersebut bisa berjalan lancar.

“Saya juga berharap, saat gedung baru ini sudah jadi nanti, gedung ini dapat dipergunakan untuk memperlancar aktivitas serta bermanfaat bagi anggota dan masyarakat” imbuhnya. (*_Amar/edDS)