DS – SMAN 1 Karangkobar melakukan  kampanye gerakan tanam pohon di sekitar lingkungan sekolah. Sebagai penanda dimulainya gerakan ini, Senin (16/12) dilakukan penanaman pohon oleh Wakil Bupati Banjarnegara yang berlokasi di halaman sekolah didampingi Forkompinca Kecamatan Karangkobar, Kades Leksana, dan Pihak Sekolah. Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMA N 1 Karangkobar, Muhlasin.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap alam dan lingkungan sekitar. Selain itu juga sebagai upaya dalam membangkitkan semangat menanam untuk merawat kondisi alam agar selalu lestari dan terhindar dari kerusakan yang dapat menyebabkan berbagai dampak negative” katanya.

 

Untuk keperluan ini, lanjutnya, pihak sekolah mendatangkan 700 pohon. Dari jumlah itu, sebagian diserahkan kepada pihak Desa Leksana dan beberapa sekolah di sekitar SMAN 1 Karangkobar untuk ditanam di lingkungannya masing-masing.

 

Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin bersama Forkompinca, Kades Leksana, dan Kepala Sekolah SMAN 1 Karangkobar dan jajaran para guru menampilkan simbol go green usai gerakan penanaman pohon di lingkungan sekitar sekolah. Untuk acara ini di tanam 700 pohon di lingkungan sekitar SMAN 1 Karangkobar dan sekolah-sekolah sekitar serta di wilayah desa Leksana.

 

Gerakan tanam pohon ini diharapkan dapat menjaga persahabatan antara manusia dengan alam. Sebagai sahabat, kata Muhlasin, manusia harus memperlakukan alam dengan baik dengan menjaganya bukan malah merusak melalui perbuatan-perbuatan yang tidak bertanggung jawab.

“Alam bukan ancaman, alam adalah sahabat manusia. Apa yang ada di dalamnya adalah bagian dari kehidupan dan bermanfaat bagi kita, salah satunya cara melestarikannya dengan menanam pohon,” jelasnya

 

Selain upaya penanaman pohon, untuk menjaga lingkungan sekolah juga membuat biopori.

“Sekolah telah membuat 350 biopori untuk mengatasi genangan air di lingkungan sekolah serta meningkatkan resapan air dalam tanah” katanya.

 

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Banajarnegara, Syamsudin memberikan apresiasi atas kepedulian terhadap lingkungan dan alam yang dilakukan oleh SMAN 1 Karangkobar ini. Dia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi pemantik semangat masyarakat Banjarnegara untuk melakukan hal serupa di lingkungannya masing-masing.

 

“Merawat alam dan lingkungan dengan menanam pohon seperti ini adalah jawaban akan berbagai persoalan yang sering terjadi beberapa wilayah Kabupaten Banjarengara, seperti tanah longsor dan kelangkaan air. Kami berharap semoga kegiatan seperti ini juga bisa dilakukan di berbagai tempat,” katanya. (*_Amar/edDS)