DS – Pada puncak peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 74, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarneara menggelar kegiatan Tasyakuran di lapangan indoor MAN 2 Banjarnegara, Selasa (7/1). Pada kesempatan ini Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin menyampaikan peringatan HAB ke 74 ini menjadi momentum untuk menghadirkan semangat terus maju dan kerja keras di dalam keluarga besar Kantor Kemenag Banjarnegara “Keluarga besar Kemenag Banjarnegara diharapkan bisa membangun komitmen untuk terus meningkatkan etos kerjanya dan selalu memberikan pelayan optimal kepada masyarakat,” ungkapnya   Kemenag merupakan merupakan bagian tak terpisahkan dari pemerintah dalam upaya mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera. Oleh karena itu, kata Syamsudin, seluruh jajaran Kemenag Banjarnegara harus bekerja dengan sungguh-sungguh dan memberikan pengabdian terbaik sesuai tugas pokok dan fungsinya.   Menurut Wabup, Kemenag juga memiliki peran dalam bidang pendidikan untuk membangun generasi muda yang memiliki karakter dan berakhlak mulia melalui berbagai tingkatan lembaga pendidikan atau sekolah yang diampunya. “Pendidikan agama yang ditekankan di dalamnya bisa menjadi benteng bagi generasi muda dari berbagai hal negatif, seperti penggunaan narkoba dan pergaulan bebas,” imbuhnya.

Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin merima tumpeng dari Kepala Kemenag, menandai tasyakuran HAB ke 74 (Dinkominfo/Amar/Jan2020)

Kepala kantor Kemenag Banjarnegara, Masdiro mengatakan, acara Tasyakuran yang diselenggarakan sebagai ugkapan rasa syukur dan puncak dari berbagai rangkaian kegiatan yang digelar dalam peringatan HAB ke 74. Sebelumnya telah diadakan, upacara HAB, seminar pendidikan, lomba olahraga, ziarah makam tokoh Kemenag, jalan sehat kerukunan umat beragama, lomba paduan suara, santunan dan bakti sosial dan tadarus alqur’an serentak.   Masdiro menyampaikan, di usia ke 74 Kemenag menjadi salah satu pilar pembangunan bangsa khususnya bidang agama dan pendidikan. Pihaknya juga berkomitmen untuk berupaya ikut serta mensuksekan program Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, salah satunya dalam mengurangi angka kemiskinan. Melalui unit pengumpul zakat Kemenag Banjarnegara, pada tahun 2019 berhasil mengumpulkan zakat, infak dan sodaqoh ASN Kemenag Banjarnegara sebesar 1,75 M.   “Dana tersebut telah ditasyarufkan kepada para penerima yang berhak melalui program santunan fakir miskin, beasiswa pendidikan, benah rumah dan usaha produktif serta unntuk bantuan kebencanaan,” katanya   Dikatakan, di tahun 2019 melalui berbagai bidangnya, Kemenag Banjarnegara telah melakukan berbagai hal dan upaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, seperti pada bidang tata laksana perkantoran, Kemenag Banjarnegara memberikan layanan prima kepada masyarakat dengan pelayanan terpadu satu pintu yang melayani 52 jenis layanan. Di bidang bimbingan masyarakat, telah memberikan kursus calon pengantin bagi 500 calon pengantin serta memberikan bimbingan bagi remaja usia nikah.   “Pada bidang pelayanan haji dan umroh, kami juga terus memberikan layanan terbaik yang dibuktikan dnegan peningkatan indeks kepuasan jamaah haji yang mencapai 85,91 atau sangat memuaskan,” terangnya. (amar)