DS – Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Prigi, Sigaluh. Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, melakukan peletakan batu pertama pembangunan SPBU yang bermitra dengan PT Sinar Mulia Asta Semarang. Direncanakan SPBU yang dibangun di atas lahan 7.824 m2 dengan anggaran Rp 16,8 M tersebut sudah dapat beroperasi sebelum lebaran tahun ini.

“SPBU dibangun dengan 5 kanopi dan fasilitas pendukung yang diwajibkan dalam usaha SPBU seperti kantor, toilet, serta mushola. Ke depan telah kami rencanakan untuk dibangun rest area, rumah makan dan mini market,” kata Ketua Panitia pembangunan SPBU Prigi, Anang Susilo, Selasa (15/01).

 

Pembangunan Pom Bensin ini merupakan tindak lanjut dari himbauan Pemkab Banjarnegara, agar koperasi mampu memanfaatkan peluang usaha dalam segala bidang. Kesempatan ini diambil untuk mendirikan usaha di sektor riil yaitu mengembangkan usaha SPBU.

“Berdasarkan hibauan dari Bapak Bupati, koperasi menyelenggarakan musyawarah dan menghasilkan kesepakatan PKPRI Banjarnegara dengan 17 PKPRI anggotanya membentuk konsirsium berinvestasi dalam pembangunan SPBU Prigi ini,” kata Anang.

 

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono sangat mendukung pembangunan SPBU tersebut. Dalam sambutannya Budhi mengatakan, kebutuhan SPBU di wilayah timur Banjarnegara adalah mutlak, dan lokasi pendiriannya sangat strategis.

“Kami ucapkan selamat kepada PKPRI. Saya senang karena koperasi bisa menangkap peluang yang sangat baik ini. Semoga keberadaan SPBU Prigi akan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Bupati.

 

Budhi menghimbau agar pengelola memanfaatkan sumber daya lokal termasuk SDM dan pekerja pengelola.

“Pintar-pintarlah dalam mengelola usaha ini, ajak warga lokal yang bekerja disini agar ada rasa memiliki,” imbuhnya.

 

Budhi juga memerintahkan jajarannya yang mempunyai tupoksi perijinan untuk bekerja lebih giat dalam rangka menjaring investor pribumi.

“Terimakasih juga untuk perijinan di Banjarnegara sekarang sudah bagus. Tidak berbelit-belit, mudahkanlah siap saja yang mau membanguna Banjarnegara asal untuk kesejahteraan rakyat,” imbuhnya. (*_Mujipras/edDS)