DS – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono giat menggerakkan kegiatan pemangkasan rumput di seputar jalan dan trotoar. Kali ini giliran rerumputan di seputar trotoar kompleks Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara. Tampak mata, rumput yang mulai meliar di badan trotoar dan sekitarnya membuat pejalan kaki tidak nyaman melaluinya. Bupati menegaskan, trotoar  harus sesuai fungsinya yaitu untuk kenyamanan pejalan kaki.

“Jadi jangan sampai pejalan kaki dan kaum difabel kehilangan haknya oleh karena kurangnya perawatan,” kata Budhi yang didampingi Kepala DKPPLH, Tursiman, dan Kasi Kebersihan pada DPKPLH, Rakiwan, Rabu (22/1/2020).

 

Lebih lanjut bupati menjelaskan, bahwa kebersihan dan keindahan kompleks stadion sangatlah penting karena tempat tersebut merupakan ruang publik yang sering digunakan kegiatan warga masyarakat. Selain itu, jalur ini juga sangat strategis karena banyak masyarakat yang melewati jalan ini menuju berbagai arah.

“Pemerintah kan pelayan masyarakat, jadi wajib memberikan kenyamanan,” kata Bupati.

 

Budhi menambahkan, selama beberapa pekan ini, Dia bersama DPU dan DKPPLH tengah melakukan monitoring untuk memantau jalan dan trotoar.

“Kami bersama DPU dan DPKPLH tengah melakukan aksi pemangkasan rumput, di sini salah satu titiknya,” ujar Bupati.

 

Kepala DPKPLH, Tursiman menjelaskan, pemangkasan rumput trotoar di seputar Stadion Kolopaking ini merupakan pemelihaaran rutin bidang Kebersihan DPKPLH. Selain tempat ini, perawatan dilakukan di balai budaya dan TRMS Serulingmas.

“Tenaga yang terlibat di sini ada 7 orang, dan dilaksanakan dengan sistem piket,” ujar Tursiman. (*_Mujipras/edDS)