DS – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Banjarnegara memperingati Hari Bakti Perbendaharaan (HBP) ke 16 dengan sejumlah agenda acara. Rangkaian kegiatan dimulai Jumat pagi (24/01) dengan acara senam bersama Satuan Kerja (Satker) di lapangan olah raga KPPN. Acara ini dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala KPPN, Herman yang menjelaskan ikhwal sejarah peringatan HBP dan memanfaatan momentum peringatan HBP sebagai sarana refleksi.

“Peringatan HBP ini dilandaskan pada undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tanggal 14 Januari 2004 tentang Perbendaharaan Negara. Rangkaian peringatan HBP dimulai dari tele conference Ditjen Anggaran Andin Hadiyanto dengan seluruh KPPN se Indonesia dilanjutkan di masing-masing KPPN pada tanggal 14 Januari lalu. Untuk Banjarnegara kelanjutannya dimulai hari Jumat dengan kegiatan olah raga bersama” urai Herman.

 

Rangkaian peringatan dilanjutkan dengan kegiatan FGD dengan tema peningkatan pelayanan KPPN, bakti sosial, dan kegiatan penanaman pohon di lingkungan KPPN.

“Kegiatan penanaman pohon ini menguatkan komitmen go green jajaran Kemenkeu. Komitmen ini sudah dilaksanakan dengan meniadakan plastic dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan perkantoran Kementrian keuangan, termasuk KPPN Banjarnegara. Karena itu penggunaan daun pisang dan makanan tradisional menjadi sajian utama dalam setiap kegiatan KPPN” kata Herman.

 

Sesuai arahan Ditjen Anggaran, sambung Herman, harapannya peringatan HPB ini dijadikan sebagai sarana refleksi untuk KPPN agar terus berbenah sesuai dengan visi dan misi organisasi serta untuk meningkatkan kualitas tata kelola organisasi.

“KPPN terus berupaya berbenah, fungsi-fungsi pada lini organisasi juga terus dipertajam” ujar Herman.

 

Herman pun mengajak jajarannnya, KPPN sebagai kepanjangan tangan Kemenkeu untuk bersiap menghadapi tantangan dalam mendukung pencapaian program Nasional sebagaimana arahan Presiden untuk mencapai Indonesia Maju.

“KPPN harus mampu menjadi perekat dan pemersatu bangsa” pungkasnya. (*_eKo/edDS)