Wajah Pak Sukarso (57 th) seketika cerah. Tak dinyana, hari ini, Jumat (29/1/2021) dagangan bubur ayam bapak tiga anak ini diborong oleh Yayasan Jumat Barokah Banjarnegara (JBB), untuk dibagikan gratis kepada masyarakat.

“Syukur alhamdulillah, hari Jumat ini benar-benar barokah. Saya dapat rejeki, dagangan saya ludes diborong,” ujar lelaki asal Dusun Bayalangu RT 2 RW 1 Desa Purwonegoro, Kecamatan Purwanegara.

Muhtadin, dari JBB mengatakan, di masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) banyak warga yang serba kekurangan. Selain itu, masih banyak warga yang abai terhadap protokol kesehatan, utamanya dalam memakai masker.
“Karenanya, kami dari Yayasan Jumat Barokah Banjarnegara membagikan sarapan gratis sekaligus pemberian masker gratis. Kegiatan tersebut dipastikan tidak menimbulkan kerumunan,” kata Muhtadin.

Warga pun secara bertahap datang mengambil bubur gratis tersebut, dan bagi yang tidak mengenakan masker diberikan juga masker gratis. Pihak JBB sebenarnya telah memberitahukan kegiatan ini kepada warga sehari sebelumnya, dan meminta mereka datang bergantian dan menerapkan protokol kesehatan.
“Namun ada saja yang datang tanpa memakai masker, mungkin karena dianggap dekat rumah sendiri, keluar rumah sebentar, sehingga mereka yang datang tanpa masker kami berikan masker gratis,” ungkap Muhtadin.

Pembina Yayasan JBB Turiman mengatakan, kegiatan ini sekaligus sebagai wahana sosialisasi penerapan protokol kesehatan di masa PKM.
“Relawan sudah kami wanti-wanti agar warga menerapkan prokes, utamanya memakai masker. Mereka kami ingatkan sekaligus kami bagi masker gratis. Sarapan gratis ini untuk membantu warga yang cukup terdampak dengan PKM ini. Semoga sumbangan sarapan gratis ini bermanfaat,” jelas Turiman.

Salah seorang penerima sarapan gratis, Mbah Kaminem, mengaku sangat senang dengan adanya sarapan itu. Menurutnya, walaupun sedikit namun bisa membantu bagi dirinya.
“Biasanya saya beli bubur, lha kok ini gratis. Maturnuwun, lumayan uangnya bisa buat jajan cucu,” ujar Mbah Kaminem sambil terkekeh. (Muji Prasetyo)